Install WordPress pada Hosting dan Domain Gratis
4.318

Pada tutorial sebelumnya kita belajar cara menginstall WordPress pada server lokal alias localhost.

Nah pada tutorial kali ini sama halnya seperti tutorial sebelumnya, namun pada kali kita akan menginstall WordPress pada server online. Sehingga nantinya dapat diakses oleh seluruh orang di dunia dengan menggunakan domain.

Oke yang kita perlukan terlebih dahulu adalah domain dan hosting. Apa itu domain dan hosting? Bisa dibaca disini.

Karena kita akan menggunakan domain dan hosting gratis, maka kita akan menggunakan layanan dari Infinity Free. Infinity Free memberikan domain dan hosting gratis dengan cuma-cuma.

Domain dan Hosting Gratis

Tak perlu berlama-lama langsung saja klik Infinity Free untuk menuju ke website mereka, kemudian klik tombol Sign Up Now. Kemudian isi data-data singkat yang diperlukan. Kemudian klik Sign Up seperti gambar berikut.
Infinity Free Sign Up
Setelah sukses melakukan pendaftaran, silahkan cek inbox email anda. Klik link yang ada pada email dari Infinity Free untuk melakukan aktivasi akun. Jika berhasil anda akan dibawa masuk ke Client Area.

Kemudian saatnya membuat akun website. Klik pada Create Account seperti gambar berikut:
Create Account
Kemudian anda ketik nama domain yang anda inginkan. Pada contoh saya menggunakan domain belajar-wordpress.rf.gd seperti gambar berikut:
Free Subdomain
Jika tersedia, maka muncul tulisan Available. Kemudian anda ketik password yang anda inginkan seperti pada gambar berikut.
Password Setup
Perlu diperhatikan bahwa password yang anda buat akan digunakan untuk ftp dan mysql juga
Kemudian klik Create Account. Maka akun akan segera dibuat. Tunggu beberapa saat sampai warnanya berubah menjadi hijau seperti gambar berikut:
Account Created

Setelah berhasil, klik pada akun yang telah anda buat. Kemudian muncul beberapa tombol seperti berikut:
Vista Panel Login
Klik pada Control Panel. Kemudian anda akan diarahkan ke Vista Panel. Dari sinilah kita akan mengelola website kita.

Install WordPress

Oke kali ini kita memulai instalasi WordPress. Langkah yang digunakan sama seperti menginstall wordpress pada localhost. Yang kita perlukan yang pertama adalah file WordPress yang diupload ke server.

Kita akan menggunakan software FTP(File Transfer Protocol) yang gratis dan powerfull. Yaitu WinSCP. Download disini. Silahkan anda lakukan instalasi sampai selesai. Kemudian buka aplikasi tersebut.

Kemudian yang kita perlukan adalah:

  • Hostname
  • Username
  • Password (Password yang sudah anda buat diawal tadi)
  • Port

Data tersebut bisa anda dapatkan disebelah kanan pada vista panel. Seperti gambar berikut.
FTP Configuration
Pastikan data-data yang anda input sesuai dengan gambar di atas. Jika sudah sesuai, langsung saja klik Login. Jika ada tulisan “Reading remote directory…” anda sudah berhasil terhubung pada server.

Buka folder htdocs. Folder ini seperti folder root pada localhost. Segala yang diupload di folder htdocs akan ditampilkan pada domain utama.

Setelah berhasil terhubung melalui FTP, anda upload semua file wordpress yang pernah anda gunakan pada tutorial sebelumnya. Upload semua file kecuali file .htaccess dan wp-config.php. Lihat gambar beerikut:
FTP Transfer
Pada tutorial sebelumnya, file wordpress diletakkan pada D:\LOCALHOST\root\dhimaskirana\ sehingga pada panel kiri membuka file pada harddisk, panel kanan membuka file pada server.

Setelah semua berhasil terupload, silahkan akses domain anda. Anda akan dihadapkan step-step untuk memulai installasi WordPress. Tapi sebelum kita melanjutkan, kita harus siapkan databasenya terlebih dahulu.

Kalau pada localhost kita menuju ke phpmyadmin, pada tutorial kali ini kita akan membuat database menggunakan Vista Panel. Pada Vista Panel search “mysql“. Klik pada menu MySQL Databases seperti gambar berikut.
MySQL Databases

Kemudian anda buat nama untuk database anda. Seperti gambar berikut. Kemudian klik Create Database
Create Database

Jika berhasil maka database yang anda buat masuk pada daftar Current Databases. Dari data tersebut kita gunakan untuk konfigurasi database pada step-step instalasi WordPress seperti gambar berikut:
Database Configuration
Untuk password MySQL menggunakan password yang sudah anda buat diawal tadi.

Kemudian lanjutkan proses instalasi seperti biasa. Jika selesai, silahkan anda akses domain utama anda. Maka tampilan website anda seperti berikut:
Belajar WordPress

Selamat mencoba. :mrgreen:
Jika anda mengalami kesulitan, mari kita diskusikan di kolom komentar.

Terima kasih telah membaca artikel di Belajar WordPress.

Written by dhimaskirana

Halooo, saya seorang WordPress Developer. Saya ahli di bidang WordPress, WooCommerce, Bootstrap, jQuery dan HTML5. Saya juga ahli di bidang desain grafis, web desain dan musik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *