Cara Membuat Contact Form pada WordPress
4.318

Contact Form sangat dibutuhkan sekali untuk setiap website, apalagi website yang menawarkan sebuah jasa. Di lihat dari namanya saja, contact form digunakan pengunjung website anda untuk menghubungi anda dengan mudah. Adanya form di website anda memudah pengunjung untuk mengirimkan sebuah pesan kepada anda.

Nah pada tutorial kali ini, aku bakalan menjelaskan bagaimana cara memasang Contact Form di WordPress tanpa perlu ribet dan repot.

Oke sebelum kita memasang Contact Form, terlebih dahulu anda membuat sebuah halaman yang digunakan sebagai halaman untuk menghubungi anda. Anda bisa membaca bagaimana cara membuat halaman di WordPress.

Contact Me Page

Saya anggap anda sudah berhasil membuat halaman seperti gambar di atas. Isi halamannya simpel saja. Okee kita lanjutkan!

#1 Contact Form 7

Download : https://id.wordpress.org/plugins/contact-form-7/

Plugin yang pertama adalah Contact Form 7 atau orang-orang biasanya menyebutnya CF7. Plugin ini sangat populer di WordPress. Plugin ini menurut aku simpel tetapi powerfull. Dapat membuat banyak Contact Form dengan berbagai pengaturannya. Dari pengaturan layout, input item, label, dan lain lain.

Sebagai contoh gambar berikut:

Contact Form 7

Pada gambar tersebut saya membuat form yang digunakan di halaman depan website saya : www.dhimaskirana.com

Form tersebut saya buat dengan beberapa tag html supaya layout yang dihasil sesuai yang saya inginkan. Ada beberapa setting label input dan yang lain.

Cara menggunakan plugin ini cukup install plugin tersebut, bagaimana cara menginstall plugin bisa anda baca di tutorial ini.

Setelah berhasil di install anda aktifkan plugin tersebut. Kemudian edit halaman contact me yang telah anda buat tadi. Kemudian masukan shortcode yang dihasilkan dari CF7 tersebut. Kemudian klik update.

#2 Very Simple Contact Form

Download : https://wordpress.org/plugins/very-simple-contact-form/

Plugin yang kedua adalah Very Simple Contact Form. Sesuai dengan namanya, plugin ini sangat simpel. Plugin ini cocok jika anda membutuhkan contact form yang simpel dan tidak perlu ribet dalam pengaturan.

Install plugin tersebut, bagaimana cara menginstall plugin bisa anda baca di tutorial ini.

Setelah berhasil di install anda aktifkan plugin tersebut. Kemudian edit halaman contact me yang telah anda buat tadi. Kemudian masukan shortcode seperti gambar berikut. Kemudian klik update.

[contact]

Plugin ini secara otomatis akan menghasilkan sebuah form yang terdiri dari input Nama, Email, Subject, Captcha, dan Message. Setiap ada pengunjung yang mengisi form, pesan akan terkirim ke email administrator anda atau email yang anda gunakan di Setting >> General.

Terima kasih telah membaca artikel di Belajar WordPress.

Written by dhimaskirana

Halooo, saya seorang WordPress Developer. Saya ahli di bidang WordPress, WooCommerce, Bootstrap, jQuery dan HTML5. Saya juga ahli di bidang desain grafis, web desain dan musik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *