Apa itu WordPress?
4.318

Menurut Wikipedia

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

Jadi apa WordPress itu?

Singkatnya, WordPress merupakan software yang digunakan untuk membuat sebuah website. WordPress bersifat open source, sehingga siapapun bebas menggunakan WordPress.

WordPress.com vs WordPress.org

WordPress.com dan WordPress.org merupakan platform WordPress, namun memiliki kemampuan yang berbeda. Lalu perbedaannya apa?

WordPress.com memberikan anda kemudahan untuk membuat sebuah blog. Anda bisa mendaftar secara gratis di WordPress.com. Setelah mendaftar, anda akan mendapatkan blog dengan subdomain wordpress.com seperti : dhimaskirana.wordpress.com.

WordPress.com Sign Up

WordPress.org berbeda dengan WordPress.com, di WordPress.org ini anda diberikan kebebasan untuk mendownload kode sumber WordPress. Oleh karena ini, anda dapat memasang dan menggunakan kode sumber WordPress ini untuk membuat situs anda sendiri.

WordPress Setup Config

Secara singkat prosesnya dimulai dari menentukan domain, memilih web hosting, install WordPress dan memulai membuat tulisan. Karena semua proses dikelola sendiri, maka anda dapat melakukan kustomisasi sebebas anda. Tutorial menggunakan WordPress.org akan segera di publish.

Terima kasih telah membaca artikel di Belajar WordPress.

Written by dhimaskirana

Halooo, saya seorang WordPress Developer. Saya ahli di bidang WordPress, WooCommerce, Bootstrap, jQuery dan HTML5. Saya juga ahli di bidang desain grafis, web desain dan musik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *