Apa itu Domain dan Hosting?
4.318

Domain

Domain adalah sebuah sistem penamaan unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di
internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Bayangkan anda harus menghafalkan http://66.155.40.250/ untuk membuka halaman WordPress.org pasti sulit kan. Nah kemudian munculah domain WordPress.org. Sehingga membuka WordPress.org tanpa harus inget angka-angka yang sulit dihafal tadi.

URL - Uniform Resource Locator

Uniform Resource Locator

Untuk mendapatkan sebuah domain anda harus membeli domain yang anda inginkan pada Registrar Domain. Registrar Domain Indonesia yang terkenal adalah Pandi (http://www.pandi.id/). Namun anda juga dapat membeli domain pada penyedia layanan web hosting juga.

Tips Memilih Domain

  • Pilihlah nama domain yang menarik dan sesuai dengan konten website.
  • Pilih ekstensi domain yang bagus: .com / .org / .net / .biz / .id
  • Bandingkan harga yang murah, karena beda registrar beda harga pula.
  • Fitur yang ditawarkan: Custom DNS, FREE WHOIS, subdomain.
  • Carilah promo domain, siapa tau bisa dapat free domain dengan syarat tertentu.
  • Carilah domain aged/berumur. Biasanya anda bisa membeli di forum jual beli. Domain seperti ini lebih bagus dan sudah pernah populer.

Kalau saya pribadi untuk domain menggunakan Namesilo.com. Domain dhimaskirana.com ini berada di Namesilo.com. Berikut whois dhimaskirana.com singkat.

DOMAIN INFORMATION
Domain: dhimaskirana.com
Registrar: NameSilo, LLC
Registration Date: 2012-07-16
Expiration Date: 2018-07-16
Updated Date: 2017-08-17
Status: clientTransferProhibited
Name Servers: sg1.pasarhosting.com, sg2.pasarhosting.com
REGISTRANT CONTACT
Name: Domain Administrator
Organization: See PrivacyGuardian.org
Street: 1928 E. Highland Ave. Ste F104 PMB# 255
City: Phoenix
State: AZ
Postal Code: 85016
Country: US
Phone: +1.3478717726
Email: email@privacyguardian.org

Ada beberapa fitur yang ditawarkan namesilo.com yang menurut saya tidak ada di registrar lain, yaitu FREE PRIVACY WHOIS. FREE PRIVACY WHOIS ini adalah fitur untuk menyembunyikan detail kontak pemilik domain, sehingga tidak akan ditampilkan pada whois. Pada REGISTRANT CONTACT di atas tidak terlihat siapa pemilik domain tersebut. Fitur free whois ini untuk selamanya, selama domain anda di Namesilo.com. Kalau di registrar lain, ada tambahan biaya untuk PRIVACY WHOIS ini.

Untungnya pake PRIVACY WHOIS adalah data kepemilikan domain aman. Terutama email anda tidak terlihat secara publik, jika terlihat secara publik, siap-siap saja anda menerima email-email spam yang tidak anda kenal.

Dan menurut saya, Namesilo.com adalah registrar termurah di antara registrar lain. 8.99 USD = Rp 120.000,-. Memang sih ada yang harganya dibawah 100ribu atau antara 100rb – 120rb. Tapi tanpa fitur FREE WHOIS. Nah, selain membandingkan harga, bandingkan juga fitur yang ditawarkan.

Anda bisa coba gunakan form di atas ini mencari ketersediaan domain anda di Namesilo.com. Kalau pembayaran anda bisa menggunakan jasa pembayaran atau order melalui saya. Saya ada akun Namesilo.com, order domain dari saya, dan saya push ke akun namesilo.com anda. Ini juga fitur menarik dari namesilo.com yaitu push domain atau memindahkan domain ke akun namesilo lain. Push antar akun cepat, cuma beberapa menit sudah masuk ke akun tujuan.

Jika anda masih belajar, anda dapat menggunakan domain gratisan yang sudah dijelaskan pada tutorial sebelumnya. Namun domain gratisan dengan fitur-fitur standar sudah jarang. Sekarang adanya subdomain gratisan. Tapi lumayanlah buat belajar.

Hosting

Nah, hosting atau web hosting merupakan sebuah server yang selalu nyala dan tersambung ke internet 24 jam nonstop. Nah, disinilah file-file website kita akan kita simpan, supaya bisa diakses secara online menggunakan domain yang telah kita miliki tadi. Setiap hosting atau server ini memiliki ip publik unik yang kita akses menggunakan domain.

Data Center

Data Center Indonesia

Sama halnya domain, untuk mendapatkan web hosting, anda harus membelinya pada penyedia layanan Web Hosting. Ada banyak layanan Web Hosting di Indonesia, dan bisa anda dapatkan dengan harga terjangkau. Namun anda perlu berhati-hati dalam memilih web hosting. Berikut beberapa tips dalam memilih web hosting.

Tips Memilih Hosting

  • Dana yang anda di miliki
  • Kebutuhan kapasitas dan bandwith
  • Kredibilitas perusahaan web hosting, apakah web hosting tersebut terpercaya atau melakukan penipuan.
  • Memilih web hosting Indonesia saja, supaya dalam hal komunikasi untuk bantuan dan komplain lebih enak.

Untuk dhimaskirana.com sendiri menggunakan server linux dari aksimaya.co.id. Sepertinya Aksimaya ini masih satu keluarga dengan PasarHosting.com. Di aksimaya ini menurut saya, servernya stabil dan kredibilitas perusahaan web hosting ini cukup bagus. PasarHosting.com merupakan pemain lama dalam bidang web hosting. Saya sudah tahu PasarHosting sejak lama, namun baru 2016 saya menggunakan server dari mereka.

Aksimaya.co.id

Untuk detailnya anda bisa kunjungi Aksimaya.co.id saja. Anda bisa memilih berbagai pilihan paket hosting dari kapasitas, bandwith dan lokasi server.

Untuk dhimaskirana.com menggunakan server SG alias Singapura. Menurut saya dan beberapa referensi di internet, bahwa server Singapura cukup bagus untuk trafik dari luar Indonesia ataupun dalam Indonesia. Saya pernah menggunakan server USA alias Amerika di penyedia layanan web hosting lain, namun diakses dari Indonesia agak lambat.

Untuk pemula ambil paket shared hosting sudah cukup. Namun dalam perkembangan website anda mengalami peningkatan trafik, segeralah anda pindah ke VPS atau Dedicated Server.

Cukup sekian pembahasan tentang domain dan hosting. Selamat berburu domain dan hosting.

Terima kasih telah membaca artikel di Belajar WordPress.

Written by dhimaskirana

Halooo, saya seorang WordPress Developer. Saya ahli di bidang WordPress, WooCommerce, Bootstrap, jQuery dan HTML5. Saya juga ahli di bidang desain grafis, web desain dan musik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *